Kalo menurut saya komunitas dalam bisnis online itu sangat mempengaruhi,
karena saya mengatakan bahwa komunitas adalah saluran penjualan terbaik. Saluran penjualan yang lebih kredibel dan lebih dipercayai adalah komunitas.
karena saya mengatakan bahwa komunitas adalah saluran penjualan terbaik. Saluran penjualan yang lebih kredibel dan lebih dipercayai adalah komunitas.
Mengapa demikian???
Karena lingkungan dalam komunitas bersifat egaliter dan peer-to-peer.
Orang-orang di dalam komunitas adalah produsen sekaligus konsumen. Mereka pembeli sekaligus penjual. Dan yang terpenting, mereka bukan hanya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan sesama anggota komunitas, tapi juga memiliki ikatan emosional yang kuat dengan merek yang bersangkutan.
yang akan menjadi Anggota komunitas ini adalah orang-orang yang akan selalu menyebarkan kabar baik tentang merek kita setiap saat. Mereka akan selalu merekomendasikan merek kita kepada orang lain. Dalam komunitas, penjualnya adalah sekaligus menjadi pembeli sehingga bisa lebih dipercaya dan lebih kredibel.
Namun, jangan keliru memanfaatkan komunitas ini. Komunitas akan menjadi saluran yang kuat jika dimanfaatkan secara ideal. Tetapi, jika Anda sudah melakukan hard-selling(sifatnya yang cenderung provokatif), maka akan sangat berbahaya. Hard-selling justru akan meruntuhkan kredibilitas yang telah Anda bangun dengan susah payah.
Manfaat utama dari sebuah komunitas adalah kita bisa saling bertukar pikiran dan berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki minat dan bidang bisnis yang sama dengan kita. Sehingga dalam komunitas kita akan banyak belajar, kemudian akan mendorong munculnya ide-ide segar dan gagasan baru jika kita aktif dalam sebuah komunitas.
Disamping itu, sebuah komunitas bisnis terbukti telah mampu meningkat kinerja dan kualitas bisnis. Bagaimana tidak, dalam sebuah komunitas kita memiliki kesempatan untuk lebih meng-expose/menyebarkan produk dan bisnis kita kepada orang-orang yang memang memiliki ketertarikan atau produk/bisnis yang sejenis atau sama dengan kita. Orang-orang yang satu komunitas dengan kita tentu saja akan mengetahui bisnis dan katifitas kita. Begitu pula sebaliknya, kita juga akan mengetahui kegiatan bisnis mereka.
Disamping itu, sebuah komunitas bisnis terbukti telah mampu meningkat kinerja dan kualitas bisnis. Bagaimana tidak, dalam sebuah komunitas kita memiliki kesempatan untuk lebih meng-expose/menyebarkan produk dan bisnis kita kepada orang-orang yang memang memiliki ketertarikan atau produk/bisnis yang sejenis atau sama dengan kita. Orang-orang yang satu komunitas dengan kita tentu saja akan mengetahui bisnis dan katifitas kita. Begitu pula sebaliknya, kita juga akan mengetahui kegiatan bisnis mereka.
Namun, jangan keliru memanfaatkan komunitas ini. Komunitas akan menjadi saluran yang kuat jika dimanfaatkan secara ideal. Tetapi, jika Anda sudah melakukan hard-selling(sifatnya yang cenderung provokatif), maka akan sangat berbahaya. Hard-selling justru akan meruntuhkan kredibilitas yang telah Anda bangun dengan susah payah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan isi komentar