"Selamat Datang di Muhammad Irfan Blog... Enjoyed Thanks for coming to my blog "

Rabu, 07 November 2012

Mengenal OS Puppy Linux

logo puppy linux

Sejarah 

Puppy Linux merupakan Distro linux yang dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun. Rilis (resmi/stabil) terbaru distro ini adalah versi 5.3.3 yang dikeluarkan pada 5 Mei 2012.

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.

Fitur Fitur Puppy Linux

Melakukan instalasi sebuah versi Puppy ke hard disk, USB disk, Zip disk, dll. dapat dilakukan dari live-Puppy atau cara instalasi lain.
Sebuah ciri khas yang membedakan Puppy Linux dari distribusi Linux lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi memakai write-once CD (CD sekali rekam), jadi tidak perlu memakai rewritable CD (CD yang dapat berulangkali merekam.) 

Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:
  • USB flash drive/keydrive atau USB storage device lainnya yang bootable(flash-Puppy)
  • CD-ROM (live-Puppy), dengan enam pilihan.
  • Zip drive atau LS-120/240 SuperDisk (zippy-Puppy)
  • Internal hard drive (hard-Puppy)
  • Computer network (thin-Puppy)
  • Emulator (emulated-puppy)
  • Floppy boot disk yang akan memanggil sistem operasi selebihnya dari USB drive, CD-ROM, atau internal hard drive
GUI (Grafik User Interface)



Puppy adalah sebuah sistem lengkap yang bekerja sepenuhnya dalam ramdisk; aplikasi-aplikasi standarnya dipilih dengan pertimbangan cermat, khususnya yang berhubungan dengan ukurannya.
Puppy menyediakan 2 pilihan server grafik: X.org (lengkap) dan Xvesa (ringan). Sebuah alat bantu, pada saat proses awal (start-up), akan membimbing pemakai melakukan pengaturan server grafik agar sesuai dengan kartu video dan monitor yang dipakai. Setelah selesai, monitor akan menampilkan desktop dengan window manager (WM); WM standar pada kebanyakan edisi Puppy adalah JWM. Puppy 2.15 Community Edition menyediakan IceWM sebagai window manager standar.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Puppy_Linux


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar